Published Kamis, April 09, 2020 by Hannan Izzaturrofa

Oseng-Oseng Mercon

Satu minggu yang lalu waktu aku lagi bingung mau masak apa lagi biar orang rumah nggak bosen makan masakan rumahan, Ais ngusulin buat bikin oseng-oseng mercon. Kalau nggak salah sih, ini merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Setelah nyari-nyari resep di youtube dan kebetulan memang minggu kemarin itu jatahnya beli daging, akhirnya aku pun memutuskan buat nyoba bikin oseng-oseng mercon ini. Mungkin agak beda karena aku ngehalusin bumbunya sampai halus banget, sedangkan kalau oseng-oseng mercon aslinya itu kan cabai-cabainya kayak masih agak kasar gitu. Tapi kalau soal rasanya mah, 11-12 kok 😆

Alhamdulillahnya juga walaupun pertama kali bikin, menu ini jadi menu favorit di rumah. Tapi rasanya pedes banget wkwk. Dan sebenarnya pun resep ini adalah hasil perpaduan dari beberapa resep yang aku temuin, karena pas dilihat-lihat kok pasti ada aja kurang dan nggak sregnya dari setiap resep yang aku tonton. So, ini oseng-oseng mercon ala aku 😋

Bahan :
- 1/2 kg daging iga sapi
- 1/2 kg daging tetelan sapi
- 5 cabe keriting merah
- 15 cabe rawit domba
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 jempol lengkuas, geprek
- 4 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- garam, gula, lada bubuk, kaldu jamur

Cara Membuat :
  1. Haluskan semua bumbu kecuali lengkuas, daun salam dan daun jeruk.
  2. Potong-potong daging sesuai selera. Kalau aku, sewaktu beli minta dipotong seukuran sop.
  3. Tumis bumbu halus sampai matang (warnanya berubah lebih gelap dan mulai mengeluarkan minyak), lalu tambahkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk.
  4. Masukkan daging tetelan dan iga, aduk-aduk sampai semua daging terkena bumbu.
  5. Setelah daging dan bumbu tercampur rata, tambahkan garam, gula, lada bubuk dan kaldu jamur sesuai selera. Bisa ditambahkan sedikit dulu agar tidak overpowering bumbunya.
  6. Tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga air menyusut setengahnya.
  7. Cicipi untuk mengoreksi rasa.
  8. Lanjutkan proses memasak sampai air menyusut sambil sesekali diaduk agar daging bagian bawah tidak gosong dan menempel pada alat masak.
  9. Oseng-oseng mercon siap disajikan!

Sebenarnya akan lebih endeus lagi kalau cabe rawit dombanya diulek kasar atau dichopper kasar. Tapi berhubung aku pengen yang lebih praktis, jadi aku halusin aja semuanya 😂 Caranya memang mirip dengan rica-rica ayam yang biasa aku bikin, tapi yang ini tanpa kunyit, ketumbar dan cabe rawitnya lebih banyak, jadi rasanya pun pasti beda.

Selamat mencoba!