Published Kamis, Maret 12, 2020 by Hannan Izzaturrofa

Sop Buntut

Menu makanan hari ini sop buntut ala aku karena pakai bumbu seadanya. Gara-gara bawang bombay lagi kosong di pasar dekat rumah dan kalaupun ada harganya mahal banget, bisa sampe 31.000 sekilo (cuma dapat 3-4 buah), jadinya sop kali ini tanpa bawang bombay. Terus jahe sama kayu manisnya juga lagi habis, jadi bahan yang ini juga diskip. Tapi pakai bumbu kayak gini juga udah cukup kok. Oh iya resep ini juga bisa dipakai buat bikin sop-sop yang lainnya loh, kayak sop daging dan sop tetelan. So, Langsung saja ya!

Bahan :
- Buntut sapi 1/2 kg
- 2 buah wortel, potong agak tebal
- Daun bawang dan seledri sekucupnya
- 6 buah cabai rawit domba
- 5 siung bawang merah, iris tipis-tipis
- 3 siung bawang putih, iris tipis-tipi
- 2 butir cengkeh
- 1/4 biji pala, geprek
- 2 butir kapulaga
- 1 butir bunga lawang
- garam, gula, kaldu jamur

Cara Membuat :
- Rebus buntut sapi sebentar untuk menghilangkan lemak dan sisa kotoran, lalu tiriskan. Atau bisa juga buntutnya dipan-seared terlebih dahulu agar kuahnya tidak terlalu keruh.
- Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan buntut sapi.
- Tumis bawang merah, bawang putih, cengkeh, pala, kapulaga, dan bunga lawang sampai harum, lalu campurkan bumbu ke dalam panci.
- Tunggu hingga buntut sapi empuk, lalu tambahkan garam, gula dan kaldu jamur sesuai selera. Koreksi rasa.
- Setelah bumbu dirasa cukup, masukkan wortel dan tunggu hingga setengah empuk.
- Masukkan daun bawang, seledri dan cabe rawit domba. Aduk-aduk sebentar, lalu matikan api.
- Sop buntut siap dihidangkan.

---

Nah, masak buntut sapi ini sebenarnya agak tricky. Karena daging di buntut sapi itu teksturnya sedikit keras, jadi perlu waktu yang lama biar buntutnya empuk. Jadi kalau kalian punya presto, buntut sapinya bisa dipresto dulu sebentar sekitar 7 menitan dari pertama kali prestonya bunyi. Tapi kalau nggak punya presto juga nggak apa-apa, bisa direbus 1-2 jam tergantung tekstur asli si buntutnya. Kalau aku tadi, karena prestonya udah dihibahin ke orang lain, jadilah buntutnya direbus sama bumbu-bumbunya itu selama kurang lebih 1,5 jam.

Oh iya, untuk sayurannya juga bisa ditambahin kok. Kayak di resto-resto gitu kan ada yang pakai kentang, buncis, sama wortel. Tapi kalau aku, berhubung dari dulu kalau masak jenis sop kayak gini tuh cuma suka pakai wortel, jadilah sayurnya cuma pakai wortel aja hehe. Tapi ini aja udah endeus banget lah! *iyalah kan aku yang masak wkwk*

Selamat mencoba! 😊